Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran blended learning program pendidikan kesetaraan paket B Di PKBM Rini Handayani Kabupaten Bekasi. (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran blended learning program pendidikan kesetaraan paket B Di PKBM Rini Handayani Kabupaten Bekasi. Penelitian ini dilakukan di PKBM Rini Handayani Kabupaten Bekasi menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 1 orang kepala lembaga, 2 orang tutor, dan 2 orang warga belajar yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan pembelajaran blended learning terlaksana dengan baik melalui model pengembangan one drive model menggunakan tahapan pembelajaran berbasis Information and Communication Techonology (ICT). (2) faktor pendukung dan penhambat ditinjau dari faktor internal dan eksternal,. Faktor internal pendukung terlihat pada minat, ketertarikan, dan dorongan warga belajar yang baik, sedangkan faktor internal penghambat terdapat pada keterlibatan warga belajar. Faktor eksternal pendukung terlihat pada sarana prasarana, dukungan orang tua, tutor, teman sebaya yang sudah cukup mendukung, sedangkan eksternal penghambat terdapat hambatan pada keberlangsungan proses pembelajaran tatap muka (offline) dan penyediaan kuota diluar bantuan kuota yang diberikan.

Keywords

pembelajaran blended learning pendidikan kesetaraan

Article Details