Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak usia 4-6
tahun dengan menggunakan permainan tradisional goncang kaleng di PAUD SPNF SKB Kota Pekanbaru.
Penelitian ini dilakukan di PAUD SPNF SKB Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah action research
(penelitian tindakan) yang dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklusnya dilakukan 2 kali pertemuan.
Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung, melakukan wawancara, dan dokumentasi. Data
dianalisis dan diperoleh peningkatan kemampuan interaksi sosial anak usia 4-6 tahun di PAUD SPNF SKB
Kota Pekanbaru. Terlihat dari skor kemampuan interaksi sosial anak yang diperoleh setiap siklusnya. Pada
pra-tindakan memperoleh skor rata-rata 27,50 (45,83%) dengan kriteria Mulai Berkembang (MB). Siklus I
memperoleh skor rata-rata 36,25 (60,42%) dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Siklus II
memperoleh skor rata-rata 49,50 (82,50%) dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Selanjutnya


persentase peningkatan pra-tindakan ke siklus I 31,81%, siklus I ke siklus II 36,55%, dan keseluruhan pra-
tindakan ke siklus II 80%. Disimpulkan bahwa penerapan permainan tradisional goncang kaleng dapat


meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak usia 4-6 tahun di PAUD SPNF SKB Kota Pekanbaru.

Keywords

Kemampuan Interaksi Sosial Perkembangan Anak Usia Dini Permainan Tradisional Goncang Kaleng

Article Details