Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengetahuan orang tua tentang pentingnya pendidikan anak usia dini di desa Tunas Aur kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian komparatif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan 4 subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Orang tua yang menyekolahkan anaknya ke lembaga PAUD memiliki pengetahuan akan pentingnya pendidikan anak usia dini. Pengetahuan tersebut dipengaruhi oleh faktor pendidikan orang tua yang pada umumnya lulusan SMA dan bekerja sebagai ibu rumah tangga, faktor minat dan pengalaman serta informasi yang orang tua dapatkan dari berbagai sumber. Orang tua juga mengetahui tentang pertumbuhan dan perkembangan ideal anak usia dini, namun pada tahapan lingkar kepala orang tua tidak mengetahui. Anak yang terdaftar di lembaga PAUD telah mencapai tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang sesuai dengan usia 4-5 tahun; (2) Orang tua yang tidak menyekolahkan anaknya ke lembaga PAUD tidak terlalu mementingkan pengetahuan akan pendidikan anak usia dini, hal tersebut dipengaruhi oleh faktor tingkat pendidikan orang tua yang lulusan SMP kebawah dengan pekerjaan orang tua sebagai nelayan dan berkebun, orang tua juga tidak memiliki minat dan pengalaman sehingga kurang memperoleh informasi tentang PAUD. Orang tua hanya mengetahui tinggi badan dan berat badan anak, namun tidak mengetahui ertumbuhan dan perkembangan ideal anak usia 4-5 tahun. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan persamaan antara pengetahuan orang tua yang menyekolahkan dan tidak menyekolahkan anaknya ke lembaga PAUD.

Keywords

Komparasi Pengetahuan Orang Tua Pendidikan Anak Usia Dini

Article Details