Deskripsi Jurnal


JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (JPPM)




Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat  (p-ISSN: 2355-7370)  (e-ISSN: 2685-1628)  diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Sriwijaya. Jurnal ini menerbitkan artikel secara berkala setiap enam bulan pada bulan Mei dan November tentang isu dan tren terkini yang terjadi secara nasional dalam pengembangan pendidikan nonformal yang meliputi manajemen pembelajaran, manajemen program, dan manajemen lembaga dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan teori dan praktik pendidikan. pendidikan non-formal di Indonesia. Permasalahan yang dibahas meliputi topik, (1) Pendidikan Berbasis Masyarakat: literasi, kesetaraan, kursus, pelatihan, kecakapan hidup, penyuluhan masyarakat, pemberdayaan masyarakat, pekerjaan sosial; (2) Pendidikan Berbasis Keluarga: penitipan anak, pendidikan anak usia dini, kelompok bermain, homeschooling.




                   

 

ANNOUNCEMENT

2024-03-06

 

PANGGILAN NASKAH JPPM 2025-2026

Kami mengundang Anda untuk mengirimkan naskah Anda ke Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM). Naskah ini diterbitkan dalam jurnal enam bulanan (Mei dan November). Batas waktu penyerahan naskah:

Vol. 12 No. 1 Mei 2022 Batas waktu penyerahan : 14 April 2025 
Vol. 12 No.2 November 2022 Batas waktu pendaftaran: 14 November 2025 
Vol. 13 No. 1, Mei 2023, batas waktu pendaftaran: 14 April 2026

JPPM menerima karya tulis ilmiah hasil penelitian dan kajian teori pendidikan masyarakat, nonformal, informal dan pemberdayaan masyarakat yang belum pernah dipublikasikan di tempat lain.

Silakan menghubungi journal_pls@fkip.unsri.ac.id untuk informasi lebih lanjut.

*Terhitung sejak terbitan Vol 6 No 2 November 2019, Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM) Universitas Sriwijaya mengalami perubahan template. Penulis diharapkan menyesuaikan artikel dengan template yang telah disediakan.

Vol 12 No 1 (2025): JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (JPPM)

Diterbitkan: May 23, 2025

KAJIAN TENTANG PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH DOMESTIK: STUDI KASUS DI KABUPATEN SERANG, BANTEN, INDONESIA

Siti Gia Syauqiyah Fitri (1), sulfiyati (2)
(1) Jurusan Pendidikan Biologi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ,
(2) Mts Negeri 5 Serang
1-9
67

Identifikasi Kebutuhan Belajar Anak Didik Lumbung Generasi Literasi Ta'at Al-Qur'an di Lorok Pakjo Kota Palembang

Syntia Yusuf Naido (1), Shomedran Shomedran (2), Mega Nurrizalia (3)
(1) Pendidikan Masyarakat, Universitas Sriwijaya ,
(2) Pendidikan Masyarakat, Universitas Sriwijaya ,
(3) Pendidikan Masyarakat, Universitas Sriwijaya
10-25
33

ANALISIS PERAN BASTRA ID SEBAGAI ORGANISASI NON-PEMERINTAH DALAM PEMBERDAYAAN REMAJA BERBASIS PENDIDIKAN MULTILITERASI

Euis Istikomah Khoirunnisa (1), Ila Rosmilawati (2), Herlina Siregar (3)
(1) Pendidikan Non Formal, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ,
(2) Pendidikan Non Formal, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ,
(3) Pendidikan Non Formal, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
26-39
27

METODE PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PELECEHAN SEKSUAL PADA PESERTA DIDIK PAKET C DI PKBM BINA SEJAHTERA KARAWANG

Zahra Assyifa (1), Ratna Sari Dewi (2), Ika Rizqia Meilya (3)
(1) Pendidikan Masyarakat, Universitas Singaperbangsa Karawang ,
(2) Pendidikan Masyarakat, Universitas Singaperbangsa Karawang ,
(3) Pendidikan Masyarakat, Universitas Singaperbangsa Karawang
40-58
16

PERAN MAHASISWA AREA DAYA SPECIALIST DALAM MENYADARKAN UMKM UNTUK MENGIKUTI PROGRAM PEMBERDAYAAN BANK SYARIAH X MAOS KABUPATEN CILACAP

Anisya Pratama Ningsih (1), Muarifuddin Muarifuddin (2)
(1) Pendidikan Non Formal, Universitas Negeri Semarang ,
(2) Pendidikan Non Formal, Universitas Negeri Semarang
59-73
10

PENGEMBANGAN LITERASI AWAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA WEB

Dwi Ismawati (1), Debi S.Fuadi (2)
(1) Pendidikan Non Formal, Universitas Bengkulu ,
(2) Pendidikan Non Formal, Universitas Bengkulu
74-84
5

STRATEGI PEMBELAJARAN NON-FORMAL BAGI LANSIA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN TERHADAP PTM DI POSBINDU: SUATU TINJAUAN LITERATUR

Ferdinan Sihombing (1), Mustofa Kamil (2), Evi Supriatun (3), Arieni Ramadhan (4), Dewanti Widya Astari (5)
(1) Pendidikan Masyarakat, Universitas Pendidikan Indonesia ,
(2) Pendidikan Masyarakat, Universitas Pendidikan Indonesia ,
(3) Politeknik Negeri Indramayu ,
(4) Institut Kesehatan Rajawali ,
(5) RS Mata Cicendo
85-96
27

Model Pengembangan Karier untuk Peserta Didik di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan

Agus Ramdani (1), Rahmat Fahmi (2), Mustofa Kamil (3)
(1) Pendidikan Masyarakat, Universitas Pendidikan Indonesia ,
(2) Pendidikan Masyarakat, Universitas Pendidikan Indonesia ,
(3) Pendidikan Masyarakat, Universitas Pendidikan Indonesia
97-109
6
Lihat semua terbitan